Gunung Walat, Sukabumi -Kegiatan Pembinaan Anggota Muda RXVII Rimpala telah berlangsung tanggal 10-12 Mei 2013 di Hutan Pendidikan Gunung Walat.

Kegiatan kali ini diikuti oleh 11 orang anggota Rimbawan Pencinta Alam (Rimpala) Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor. Kegiatan ini merupakan pembinaan gabungan semua divisi yang ada di Rimpala yaitu Gunung Hutan, Tree Climbing, dan Olahraga Alam Bebas.

“Kami memilih Hutan Pendidikan Gunung Walat (HPGW) karena sesuai dengan kriteria pembinaan kami. Kami dapat tracking di kawasan hutan, melakukan pindah pohon untuk materi tree climbing, dan yg utama adalah penelusuran goa putih”, kata Muhammad Irfan Danu selaku ketua pelaksana kegiatan ini.

Aktivitas pertama yg dilakukan untuk angkatan muda RXVII ketika sudah berada di HPGW yaitu membuat peta perjalanan dan mengamati vegetasi tanaman di sekitar kawasan hutan.

Materi yg diajarkan dalam pembinaan ini diantaranya yaitu 1. materi bivak alam yaitu tempat berlindung sementara (darurat) di alam bebas dari aneka gangguan cuaca, binatang buas, dan angin, 2. materi pindah pohon dengan teknik jangkar, 3. materi vertical rescue sebagai materi tambahan, dan 4. tim penelusuran gua membuat peta dengan teknik bottom to top.

“Begitu menyenangkan untuk melakukan petualangan bersama, mendapatkan pengalaman baru yang tak akan terlupakan. Dengan bertambahnya pengalaman, bertambah juga ilmu dan pengetahuan yang kita miliki. Kami harap, kami akan terus dapat melakukan petualangan-petualangan yang dapat menambah wawasan kami. Dengan menikmati keindahan alam ciptaan-Nya dan bersyukur atas keindahan alam yang begitu luas dengan terus menjaga dan merawatnya”, jelas Dewi Ayu Wulandari selaku koordinator lapangan kegiatan ini.

Galeri Foto klik di sini

[hap]

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*