Praktik Lapang Tehnik Manajemen Lingkungan Diploma IPB tahun 2015

Gunung Walat, Sukabumi – Praktik Lapang Tehnik Manajemen Lingkungan Diploma IPB telah berlangsung dari tanggal 5-6 Desember 2015 di Hutan Pendidikan Gunung Walat Sukabumi.

Praktik ini diikuti oleh 125 mahasiswa semester satu, 12 asisten dosen dan dua dosen.

“Di sini kegiatannya kita praktikum dengan mata kuliah ekologi dasar dengan praktikumnya analisis vegetasi, jadi kegiatan ini menjelang UAS dan praktikumnya di Gunung Walat,” ujar asisten praktikum lapang, Taufik saat ditemui di lokasi kegiatan.

Menurut Taufik, alasan dilakukan praktik lapang di Gunung Walat adalah agar lebih terasa suasana hutannya dengan vegetasi hutan yang begitu padat.

“Dulu praktiknya sebelum di Gunung Walat itu di Kebun Raya Bogor, tetapi suasananya tidak seperti hutan atau vegetasinya tidak sepadat di sini, jadi Gunung Walat ini menjadi pilihan setelah lima tahun ini,” ungkapnya

Taufik menjelaskan selama berada di Gunung Walat, para mahasiswa melakukan analisis vegetasi menggunakan empat metode yakni metode garis menyinggung, metode persegi kuadrat, lingkaran kuadrat hingga kuadran.

“Kita menekankan ke praktikum itu mengenai metode analisis vegetasi, biasanya satu hari itu kita membahas dua metode dengan plot yang sekiranya mereka kuasai. Mungkin hanya satu kelompok satu plot, kita disini hanya pengenalan saja,” jelasnya.

[hpgw]

Galeri Foto klik di sini

Unduh berita klik di sini

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*