Gunung Walat, SukabumiCamping Science SMP SMK Bizsmart Depok telah berlangsung tanggal 3-5 April 2013 di Hutan Pendidikan Gunung Walat.

Camping Science merupakan nama tema kegiatan yg dipakai oleh SMP SMK Bizsmart Depok dalam kegiatan memadukan antara camping di alam bebas dikombinasikan dengan praktik science di lapangan.

Selama 3 hari sebanyak 17 siswa, 6 guru SMP SMK Bizsmart termasuk Kepala Sekolah Ibu Witri Anggraini yang turut serta langsung melakukan camping di area camping ground Hutan Pendidikan Gunung Walat (HPGW).

Selain kegiatan camping, dilakukan juga kegiatan yg berhubungan dengan science diantaranya praktik penyadapan getah, pengenalan keanekaragaman hayati hutan seperti tumbuhan obat yg ada di hutan, praktik pengukuran debit air, pH, suhu di Daerah Aliran Sungai (DAS) HPGW.

“Kegiatan di sini lebih bermakna karena anak-anak terlibat langsung dalam praktik dan kita senang sekali mendapatkan manfaat ilmu yang banyak terutama bagi anak-anak”, kata Hadiat selaku ketua panitia camping science ini.

Dalam kegiatan ini siswa juga melakukan diskusi interaktif yang berhubungan dengan dunia pendidikan yang dikemas dengan menarik.

“Anak-anak menyiapkan penampilan dalam bentuk drama tentang tokoh-tokoh ilmuwan muslim, dengan mengenal biografi mereka dan disampaikan dengan unik, siswa menjadi tertarik ternyata profesi ilmuwan itu tidak identik dengan baju putih, kerja di laboratorium saja tetapi ternyata sangat luas. Ada juga kegiatan pelatihan di alam, diskusi kelompok tentang kepedulian lingkungan, dan sebagainya. Anak-anak sangat antusias untuk berpartisipasi dalam camping science ini”, terang Hadiat.

[hap]

Galeri Foto klik di sini

Unduh berita klik di sini

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*