Gunung Walat Sukabumi – Kegiatan praktikum mata kuliah rekreasi, taman dan perkemahan oleh mahasiswa Program Keahlian Ekowisata Diploma IPB angkatan 46 telah berlangsung 7-10 April 2011 di Hutan Pendidikan Gunung Walat (HPGW).

Kegiatan ini diikuti oleh 57 mahasiswa, 9 asisten dosen, dan 3 dosen yaitu Ir. Tutut Sunarminto, MSi ; Dr. Ir. Ricky Avenzora, M.Sc.F; dan Annisa Fitri, S.Hut.

ada kesempatan ini turut hadir juga Dekan Fakultas Kehutanan IPB Dr. Hendrayanto, M.Agr ; Direktur Eksekutif HPGW Ir. Budi Prihanto, MS; Direktur Penelitian Dr. Tatang Tiryana, M.Sc; dan Direktur Bisnis Ir. Nandi Kosmaryandi, MSc.F yang turut berbagi ilmu dan sharing dengan para mahasiswa.

“Kegiatan di HPGW ini untuk mengaplikasikan secara nyata mata kuliah rekreasi, taman, dan perkemahan yang di dapat selama kuliah, dan dalam kesempatan ini juga dilakukan ujian secara lisan untuk mata kuliah tersebut” ujar Adrian selaku ketua panitia.

“Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan proses belajar mengajar bagi mahasiswa ekowisata, peningkatan kualitas belajar mengajar telah dilakukan secara gradasi, pertama meningkatkan kemampuan peserta dalam hal melihat dengan baik dan benar, mendengarkan yang baik dan benar, memikirkan apa yang dilihat dengan baik dan benar, merasakan apa yang dilihat, didengar, dipikir dengan baik dan benar, apa yang dipikirkan dan dirasakan itu mampu mereka tuliskan dengan baik dan benar, dilisankan dengan baik dan benar, mampu melaksanakan dengan baik dan benar, mampu mereka tularkan dengan baik dan benar” ujar Dr. Ir. Ricky Avenzora, M.Sc.F selaku dosen pembimbing.

“Untuk mencapai tujuan proses pembelajaran ekowisata maka sistem ini diperkaya dengan sistem ujian lisan, ujian di program keahlian tidak ada yang tertulis, 3 menit untuk melisankan hasil pembelajaran selama 7 minggu seperti dosen mengajar di depan kelas, semoga mahasiswa betul belajar dengan baik dan benar, jika mampu membuat resume maka dianggap sudah membaca, berpikir, merasakan, dan menulis dengan baik” imbuh Ricky Avenzora.

“Mahasiswa merasa bangga karena mungkin hanya di Ipb dan di dunia satu-satunya sistem ujian seperti itu untuk program diploma” papar beliau.

Menurut Tutut Sunarminto selaku Koordinator Program Keahlian Ekowisata Diploma IPB, kondisi HPGW sekarang cocok untuk praktik mahasiswa, semoga makin baik ke depan dan kita bersama-sama mengembangkan Gunung Walat.

“Hal ini sinergis dengan tujuan kami untuk mengembangkan eco-tourism, mendatangkan keuntungan bagi kami dan Gunung Walat, semoga ke depan Gunung Walat menjadi tempat wisata yang utama di Sukabumi sehingga bisa ditiru oleh tempat yang lain, sukses selalu untuk HPGW” tambah Tutut Sunarminto.

Galeri Foto klik di sini

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*