Praktik Tata Kelola Hutan (PTKH) Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Riau tahun 2018

Gunung Walat, Sukabumi –  Praktik Tata Kelola Hutan (PTKH) Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Riau tahun 2018 telah berlangsung dari tanggal 2 – 14 Juli 2018 di Hutan Pendidikan Gunung Walat, Sukabumi dan sekitarnya.

Praktik ini diikuti oleh 64 mahasiswa UNRI dan dibimbing oleh 7 Dosen dari Fakultas Kehutanan IPB yang membidangi masing-masing materi yang berbeda. Selama berada di Gunung Walat, mahasiswa mempelajari beberapa materi diantaranya yaitu hama dan penyakit hutan, pemetaan, inventarisasi potensi tegakan hutan & penataan batas, pemanfaatan hasil hutan bukan kayu, hutan kemasyarakatan, pembinaan hutan (persemaian, pembibitan, penanaman, pemeliharaan). Terdapat juga materi yang dilaksanakan di luar Gunung Walat diantaranya industri hasil hutan, konservasi sumberdaya hutan, dan pengelolaan hutan tanaman di Perum Perhutani. Selain materi praktik, mahasiswa juga melakukan wisata budaya dan kuliner di Bandung pada hari terakhir.

Dari hasil keseluruhan kegiatan yang telah mereka dapatkan, diharapkan kerjasama antara IPB dan UNRI dapat terus terjalin dengan baik khususnya dalam hal pendidikan di bidang kehutanan.

“Kami berharap kerjasama ini bisa kita lanjutkan terus, ini penting bagi mahasiswa kami karena yang kita pahami sesuatu itu tidak ada yang sempurna, ada lebihnya di Riau ada lebihnya di Jawa. Ada kurangnya di Riau ada kurangnya di Jawa. Maka untuk itulah kita butuh bekerjasama saling mengisi untuk bisa melengkapi,” ujar Bapak Mardiansyah, S.Hut, M.Sc selaku Wakil Dekan II Fakultas Pertanian UNRI saat acara perpisahan.

Menurutnya bukan hanya seputar pertukaran ilmu saja yang didapatkan oleh mahasiswa, melainkan persahabatan antara dua institusi pendidikan yang sudah berlangsung lama dapat terjalin semakin erat setiap tahunnya.

“Kita berharap jalinan silaturahmi, jalinan emosional antara IPB dan UNRI bisa terjalin dengan baik untuk semangat kita agar selalu bersama-sama membuat hutan Indonesia dan hutan dunia menjadi lebih baik,” tutupnya.

[pty]

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*