Gunung Walat, Sukabumi – Kegiatan Praktik Pengelolaan Hutan (P2H) oleh mahasiswa Fakultas Kehutanan IPB telah berlangsung dari tanggal 3-24 Juli 2011.

P2H ini diikuti oleh 324 peserta yang merupakan mahasiswa Fakultas Kehutanan Angkatan 45 atau mahasiswa tingkat 3 yang akan naik ke tingkat 4. Dalam P2H ini juga dibimbing oleh 24 dosen yang secara bergantian terlibat langsung membimbing mahasiswa di lapangan. Terdapat juga 16 orang asisten yang ikut membantu membimbing mahasiswa.

Tujuan P2H ini adalah untuk memberikan bekal mahasiswa akan pengetahuan ilmu kehutanan dengan secara langsung terjun di lapangan.

Tempat P2H ada beberapa tempat di Jawa Barat salah satunya yang menjadi tempat utama dan paling lama adalah Hutan Pendidikan Gunung Walat. Selain itu ada juga di daerah Cianjur, Bandung, Taman Nasional Gunung Halimun, dan sebagainya. HPGW merupakan tempat yang sangat pas untuk dijadikan tempat praktik karena kelengkapan sumberdaya hutan termasuk sarana dan prasarana yang sangat memadai.

Dalam rangka P2H ini, pihak pengelola HPGW juga membagikan 2000 batang bibit jabon (Anthocephalus cadamba) sebagai rintisan awal pengembangan hutan rakyat di sekitar Hutan Pendidikan Gunung Walat.

Selain pembagian bibit, juga dilakukan penyuluhan oleh mahasiswa kepada masyarakat sekitar tentang tehnik budidaya dan prospek usaha hutan rakyat.

“Tahun ini pelaksanaan P2H tertib, asisten sangat besar peranannya dalam membimbing peserta sehinga kegiatan berjalan baik dan hubungan keduanya berjalan lancar, program dijalankan dengan baik, kontribusi dosen yg membimbing terlibat langsung juga ikut membantu kelancaran jalannya P2H tahun 2011 ini”, kata Dr. Gunawan Santosa selaku Ketua Panitia P2H 2011.

“Selain belajar ilmu kehutanan, P2H ini untuk membangkitkan korsa rimbawan sehingga kekompakan sangat ditonjolkan, mahasiswa dapat mengenal lebih dekat satu sama lain sehingga membina kekompakan khususnya angkatan 2011 ini”, imbuhnya.

Di malam penutupan ditampilkan kreativitas dari mahasiswa dan acara api unggun sehingga menambah kenangan tersendiri karena selama 3 minggu melakukan praktik bersama di HPGW.

Galeri Foto klik di sini

[hap]

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*