Gunung Walat, Sukabumi – Kegiatan Praktik Pengelolaan Hutan (P2H) oleh mahasiswa Fakultas Kehutanan IPB telah berlangsung dari tanggal 27 Juni-18 Juli 2012 di Hutan Pendidikan Gunung Walat.

Kegiatan P2H ini merupakan agenda tahunan sesuai kurikulum yang diikuti oleh 328 peserta yang merupakan mahasiswa Fakultas Kehutanan IPB Angkatan masuk 2009 atau 46 atau mahasiswa tingkat 3 yang akan naik ke tingkat 4. Dalam P2H ini juga dibimbing oleh 35 dosen yang secara bergantian terlibat langsung membimbing mahasiswa di lapangan. Terdapat juga 15 orang asisten yang ikut membantu membimbing mahasiswa.

Tujuan P2H ini adalah untuk memberikan bekal mahasiswa akan pengetahuan ilmu kehutanan dengan secara langsung terjun di lapangan sehingga mahasiswa memiliki kemampuan yg sama di bidang pengelolaan hutan.

Materi-materi P2H telah diajarkan di kampus dan di HPGW ini untuk memperkaya dan praktik di lapangan. Misalnya seperti bagian silvikultur, di sini mahasiswa melakukan kegiatan penanaman sesungguhnya sedangkan di kampus terbatas untuk lahannya.

Tempat P2H ada beberapa tempat di Jawa Barat salah satunya yang menjadi tempat utama dan paling lama adalah Hutan Pendidikan Gunung Walat. Selain itu ada juga di daerah Cianjur, Bandung, Taman Nasional Gunung Halimun Salak, dan sebagainya. HPGW merupakan tempat yang sangat pas untuk dijadikan tempat praktik karena kelengkapan sumberdaya hutan termasuk sarana dan prasarana yang sangat memadai.

“HPGW mempunyai fungsi untuk melaksanakan tridharma perguruan tinggi salah satunya yaitu bidang pendidikan. Sebagai hutan pendidikan, HPGW merupakan suatu laboratorium lapangan yg sangat lengkap sehingga P2H ini dilaksanakan di sini”, kata Dr. Gunawan Santosa selaku Ketua Panitia P2H 2012.

“Sekitar 70% kegiatan P2H dilaksanakan di HPGW, dan sekarang banyak Fakultas Kehutanan dari universitas lain yang juga menjajaki HPGW untuk dijadikan tempat praktiknya”, imbuhnya.

Galeri Foto klik di sini

[hap]

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*