Praktik Mata Kuliah Eksplorasi Habitat Mahasiswa Pascasarjana Prodi Biosains Hewan Dept. Biologi FMIPA IPB

Gunung Walat, Sukabumi – Fieldwork, Praktik Mata Kuliah Eksplorasi Habitat Mahasiswa Pascasarjana Program Studi Biosains Hewan Departemen Biologi FMIPA IPB tanggal 26 – 27 Oktober 2013 di Hutan Pendidikan Gunung Walat.

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan mahasiswa S2 dan S3.

“Dalam pelaksanaannya dibagi dalam 9 kelompok dengan tema pengamatan masing masing. Diarahkan pada kenaekaragaman hewan, biodiversity dan melihat aspek daya dukung habitat yang ada disini,” kata perwakilan mahasiswa pasca sarjana Ibu Darmawati M Tahir, M.Si saat ditemui di lokasi.

Menurutnya selama praktik di Gunung Walat, para mahasiswa melakukan pengamatan dan pemasangan perangkap hewan pada setiap kelompok. Adapun satwa-satwa yang diteliti, diantaranya burung, reptil, dan amphibi.

“Melihat aspek daya dukung habitat yang ada di sini, sejauh yang kami lihat, ketersediaan sumber daya alam di kawasan HPGW sangat mendukung terutama dalam hal kenekaragaman hayati, baik tumbuhan maupun satwa,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan dari hasil temuan Dr. Tri Atmowidi yang ikut serta melakukan pengamatan satwa di Gunung Walat. Beliau yang juga merupakan dosen Biologi Pasca Sarjana IPB menjelaskan habitat fauna yang ada di Gunung Walat masih seimbang sesuai dengan ekosistemnya.

“Kami menemukan dua atau tiga spesies ikan, untuk amphibi ada katak, di darat ada serangga, kupu-kupu dan monyet ekor panjang. Untuk tumbuhan tidak terlalu heterogen, hanya ada pinus dan damar, namun untuk tumbuhan bawah cukup beragam,” tutupnya.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*