Praktik Kerja Lapangan SMK Kehutanan Negeri Kadipaten tahun 2018

Gunung Walat, Sukabumi –  Praktik Kerja Lapangan (PKL) SMK Kehutanan Negeri Kadipaten tahun 2018 mulai berlangsung dari tanggal 1 Maret 2018 di Hutan Pendidikan Gunung Walat, Sukabumi.

Hutan Pendidikan Gunung Walat sebagai salah satu wadah pendidikan di bidang ilmu kehutanan, sejatinya berguna bagi siswa-siswa yang ingin mengetahui secara langsung proses kegiatan pembelajaran.

Implementasi pun datang dari SMK Kehutanan Negeri Kadipaten yang kembali melangsungkan kegiatan praktik lapang selama 30 hari. Dimulai dari tanggal 1 Maret sampai dengan 30 Maret 2018 di Hutan Pendidikan Gunung Walat.

Selama tiga puluh hari ke depan tentunya diisi berbagai materi yang akan diberikan oleh Dosen-Dosen Fakultas Kehutanan IPB seperti silvika (identifikasi jenis tanah), silvikultur (produksi bibit/benih, penanaman dan penilaian tanaman hutan), dendrologi (pembuatan herbarium), hama dan penyakit, kebakaran hutan, kehutanan masyarakat, inventarisasi, ilmu ukur kayu, pengujian kayu bulat, dan pengukuran pemetaan.

Praktik lapang yang sedarinya pertama kali dilakukan di HPGW pada tahun 2012, hingga kini masih berlanjut hingga yang ke tujuh kalinya di tahun 2018. Tentunya menjadi salah satu bukti kerja sama yang baik antara HPGW dan SMK Kehutanan Negeri Kadipaten.

“Alasannya materi lengkap, diharapkan wawasan yang lebih banyak selain teori,” kata Kasubag TU Bapak Suherdi S.Hut, M.Si saat ditemui di lokasi acara.

Menurutnya, hal ini merupakan penerapan sistem ganda, antara kegiatan kelas dan kegiatan praktik lapang yang tentunya disesuaikan dengan yang ada di sekolah.

“Pada dasarnya kami sudah menyiapkan materi pembinaan hutan, mengenal jenis pohon dan pemenuhannya, pembibitan dan pemeliharaan,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan praktik lapang, selain didampingi oleh tim dari HPGW, tentunya ada perwakilan dari pihak sekolah untuk menjaga kedisiplinan.

“Untuk memobilisasi siswa, ada pendamping dari sekolah agar tata tertib yang ada di sekolah tetap dibawa di HPGW,” tutupnya.

Sebelumnya, proses kegiatan yang telah berlangsung ini diisi dengan pembukaan di Aula Matoa dikuti oleh 100 siswa kelas X terdiri dari 80 siswa dan 20 siswi. Dipimpin langsung oleh Direktur Eksekutif HPGW Bapak Dr. Nandi Kosmaryandi, M.Sc.F dan perwakilan dari SMK Kehutanan Negeri Kadipaten Kasubag Tata Usaha Bapak Suherdi, S.Hut, M.Si.

[pty]

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*