Gunung Walat, Sukabumi – Praktik Kerja Industri SMK Kehutanan Kadipaten telah berlangsung tanggal 14 April-28 Mei 2013 di Hutan Pendidikan Gunung Walat.

Praktik kerja industri (prakerin) merupakan kegiatan pembelajaran yg pelaksanaannya langsung dilaksanakan di industri/ perusahaan/ institusi pemerintah yg bergerak di bidang kehutanan.

Kegiatan prakerin merupakan bagian yg sangat penting dari program akademik guna meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan para siswa dalam menghadapi tantangan pada dunia kerja setelah lulus nantinya.

Prakerin ini merupakan kali kedua SMK Kehutanan Kadipaten menggunakan lokasi Hutan Pendidikan Gunung Walat (HPGW) setelah prakerin sebelumnya pada tahun 2012 lalu. Prakerin kali ini diikuti oleh 58 siswa kelas XI SMK Kehutanan Kadipaten. Selama kegiatan, siswa juga didampingi oleh 4 orang asisten mahasiswa & 1 dosen pembimbing dari Fakultas Kehutanan IPB yg berganti setiap minggunya sesuai dengan materi yg diajarkan.

“Tujuan prakerin ini dalam rangka pencapaian standar kompetensi kurikulum, menanamkan keterampilan anak-anak tentang penguasaan ilmu kehutanan di lapangan dan menanamkan jiwa kecintaan terhadap hutan”, kata Ir. Dimyati, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Kehutanan Kadipaten.

Materi-materi prakerin yg diajarkan yaitu 1. Penanaman dan pemeliharaan tanaman hutan, 2. Perbenihan dan pembibitan tanaman hutan, 3.Penataan hutan, 4.Inventarisasi hutan, 5.Pengukuran dan perpetaan hutan, 6.Pembukaan wilayah hutan.

Dosen Fakultas Kehutanan yg terlibat dalam kegiatan prakerin ini yaitu Ir. Andi Sukendro, M.Si (materi 1&2), Ir. Budi Prihanto, MS (materi 3), Dr. Tatang Tiryana (materi 4), dan Endim Dimyana, B.Sc.F (materi 5&6). Dosen yg dipilih merupakan para pakarnya di bidangnya masing-masing dan untuk asisten prakerin telah melalui proses seleksi sesuai dengan kapasitasnya.

Pembukaan acara sebagai awal dimulainya kegiatan prakerin di HPGW dibuka oleh Dr. Nandi Kosmaryandi (Direktur Pengembangan Bisnis HPGW) dan Ir. Dimyati, M.Pd, (Kepala Sekolah) kemudian untuk penutupan oleh Dr. Gunawan Santosa (Direktur Pemanfaatan Sumberdaya Hutan HPGW) dan Intakris, M.Pd (perwakilan Kepala Sekolah).

Selama 6 minggu penuh siswa diajarkan teori maupun praktik lapang sehingga siswa fokus dan makin terampil dalam menguasai materi-materi prakerin tersebut. Hal ini menjadikan pengalaman yg sangat berharga bagi para siswa. Dalam melakukan kegiatan prakerin ini siswa-siswa terlihat antusias dan penuh semangat yg tinggi serta kentara sekali sifat disiplin para siswa.

Selain mendapatkan banyak ilmu, ada sisi lain yg menarik yg terjadi selama prakerin yaitu terciptanya hubungan emosional yg kuat antara siswa dan semua staf HPGW yg bertugas untuk memberikan pelayanan akomodasi siswa maupun yg bertugas mendampingi siswa selama kegiatan di lapang. Hal ini membuat siswa dan staf HPGW terharu ketika harus berpisah, banyak juga siswa yg menitikkan air mata saat perpisahan seakan-akan tidak mau meninggalkan orang-orang yg dicintainya, tetapi life must go on, biarlah kenangan yg indah di HPGW menjadi bagian yg tidak terlupakan di hati para siswa maupun staf HPGW.

Berikut ini adalah sebagian testimoni staf pengajar terhadap kegiatan prakerin di HPGW.

“Hutan Pendidikan Gunung Walat mempunyai potensi dengan standar kompetensi yg ada dalam kurikulum, pengajar kompeten bagus mendukung proses pembelajaran kita, dan materi mata pelajaran yg didapat ada semua di sini”, imbuh Ir. Dimyati, M.Pd.

“Kami mengucapkan terima kasih anak-anak kami sudah dididik sesuai dengan ilmu kehutanan murni, betul-betul membentuk forester sejati dan membekali siswa-siswi menjadi lebih kompeten di bidang ilmu kehutananny. Ke depannya kerjasama ini akan kita lanjutkan terus dan kita harap semua siswa harus dan wajib pernah mengikuti pelatihan di Hutan Pendidikan Gunung Walat ini”, kata Intakris, M.Pd, salah satu staf pengajar SMK Kehutanan Kadipaten.

“Hutan Pendidikan Gunung Walat adalah sebuah tempat dimana beradanya semangat-semangat yg tinggi dibangun dengan spirit yg tinggi, kerja keras, dan kerja ikhlas. Saya harap dengan adanya prakerin ini, semangat-semangat tersebut akan menular di anak didik kami”, jelas Fitriana WP, S.Hut, salah satu staf pengajar yg setia mendampingi siswa di HPGW.

Galeri Foto klik di sini

[hap]

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*