Praktik Industri SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru tahun 2018

Gunung Walat, Sukabumi –  Praktik Industri (PI) SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru Riau tahun 2018 mulai berlangsung dari tanggal 5 Februari 2018 di Hutan Pendidikan Gunung Walat, Sukabumi.

Mengingat akan salah satu misi dari Hutan Pendidikan Gunung Walat adalah mewujudkan terselenggaranya pendidikan dan penelitian IPTEK bidang pengelolaan sumberdaya hutan dan lingkungan secara efektif, tentunya menjadi perhatian bagi semua akademisi untuk mempelajari seputar ilmu kehutanan. Implementasi pun diwujudkan dengan praktik lapang yang sedang dilaksanakan oleh SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru.

Kegiatan yang berlangsung dua bulan dari tanggal 5 Februari sampai dengan tanggal 5 April 2018, berisikan materi-materi seputar paket keahlian yang mereka pelajari di sekolah yang didampingi oleh asisten dosen dari mahasiswa & dosen-dosen Fakultas Kehutanan IPB.

“Kami dari SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru menimba ilmu, karena di Gunung Walat ini adalah institusi yang besar yaitu punya IPB,” ujar Ketua Program Jurusan Inventarisasi, Produksi dan RRH SMK Negeri Kehutanan Pekanbaru Bapak Sriyono, S.P saat ditemui usai acara pembukaan di Aula Matoa HPGW, Senin (05/02).

Menurutnya dari keseluruhan rangkaian praktik ini, diharapkan bisa membawa hasil yang positif saat pulang ke Pekanbaru.

Pendapat lainnya pun diutarakan oleh perwakilan Guru SMK Negeri Kehutanan Pekanbaru, Ibu Binti Masruroh S.Hut saat ditemui usai acara pembukaan.

“Sengaja sekolah memilih Hutan Pendidikan Gunung Walat dengan pertimbangan diharapkan setelah belajar dari sini, anak anak bisa menambah materi-materi yang memang baru,” terangnya yang juga menjabat sebagai Kepala Unit Produksi SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru.

Menurutnya dibawah pembinaan dari IPB, diharapkan anak-anak dapat mempelajari keseimbangan antara ekonomi dan ekologi serta sosialnya.

“Anak-anak bisa belajar tentang ilmu sosial, tentang agroforestri, mengenal potensi yang ada disini, terutama potensi alam,” ungkapnya.

Diketahui sebelumnya, praktik lapang yang kini berlangsung diawali dengan pembukaan secara simbolis oleh Direktur HPGW Bapak Dr. Nandi Kosmaryandi, M.Sc.F dan perwakilan SMK Negeri Kehutanan Pekanbaru Bapak Sriyono S.P. Kegiatan ini diikuti oleh 69 siswa kelas XI, terbagi dalam dua jurusan, yaitu Reklamasi dan Rehabilitasi Hutan sebanyak 35 siswa dan Teknik Inventarisasi dan Pemetaan Hutan sebanyak 33 siswa.

[pty]

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*