Fieldtrip mahasiswa Kyungpook National University Korea 2018

Gunung Walat, Sukabumi –  Fieldtrip mahasiswa Kyungpook National University Korea telah berlangsung dari tanggal 20 – 22 Juli 2018 di Hutan Pendidikan Gunung Walat, Sukabumi.

Hutan pendidikan Gunung Walat tetap menjadi salah satu tujuan bagi mahasiswa luar negeri untuk mempelajari vegetasi alam dan hasil hutan.  Hal ini apa yang telah dilakukan oleh sekelompok mahasiswa dari Kyungpook National University (KNU), Korea Selatan.

Kegiatan yang telah berlangsung dari tanggal 20 – 22 Juli 2018 merupakan bagian dari kerja sama IPB dan KNU dalam bentuk program pertukaran mahasiswa yang sudah berjalan setiap tahunnya.

Selama berada di Gunung Walat, para mahasiswa dibekali dengan materi pengelolaan Hutan Pendidikan Gunung Walat oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Fauzi Febrianto, MS. Selain materi dalam bentuk teori, mereka juga diajak untuk berpraktik langsung seperti cara penyadapan getah pinus, getah agatis, menanam bibit salam, penjelajahan ke dalam Goa Karst Cipereu, kunjungan  ke lokasi tanaman kerjasama (voluntary carbon trading) dan ditutup dengan melihat & diskusi tentang kegiatan agroforestri yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Selama fieldtrip, mahasiswa KNU didampingi oleh dua asisten dari mahasiswa Fakultas Kehutanan IPB dan staf pegawai Hutan Pendidikan Gunung Walat.

Dari keseluruhan kegiatan yang telah mereka ikuti, ternyata menimbulkan kesan positif selama di Gunung Walat, hal ini diungkapkan oleh perwakilan dari KNU yaitu Su Jong.

“Saya sangat senang bisa datang ke sini, sangat indah banyak pohon dan udara yang baik. Di sini tempatnya sangat baik, teman-temanku sangat menyukainya juga dan terima kasih untuk IPB karena telah mengajak fieldtrip ke sini,” ujar Su Jong mahasiswi KNU Major Forestry semester 8 yang ditemui di lokasi kegiatan.

[pty]

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*