Gunung Walat, Sukabumi – Diklat tenaga teknis (ganis) bidang perencanaan kehutanan telah berlangsung tanggal 17-22 Maret 2013 di Hutan Pendidikan Gunung Walat.

Diklat ini diselenggarakan oleh Pusdiklat Kehutanan Bogor yang bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI).

Jumlah peserta yg ikut diklat ini berjumalh 34 orang dari perusahaan-perusahaan pemegang izin Hak Pengusahaan Hutan (HPH) Alam dan Hutan Tanaman Industri (HTI) dari seluruh Indonesia.

“Tujuan dari diklat ini untuk mencetak tenaga ganis HPH karena wajib bagi perusahaan”, kata Ir. Kadarusman, M.Sc selaku pembimbing dari Pusdiklat bogor.

Materi-materi yg diajarkan dalam diklat ini diantaranya perpetaan, penataan areal kerja, Inventarisasi Tegakan Sebelum Penebangan(ITSP), dan Inventarisasi Hutan Menyeluruh Berkala (IHMB). Dalam diklat dilakukan pemantapan teori terlebih dahulu di ruangan aula HPGW kemudian praktik di hutan.

Pembimbing lain yg ikut serta dalam diklat di HPGW ini diantaranya Ani Maryanah, S.Hut (Pusdiklat Kehutanan Bogor), dan Ir. Hadjib, MS (Fakultas Kehutanan IPB).

“Diklat di Gunung Walat ini untuk penerapan teori yg bersifat simulasi dan HPGW cukup memadai sebagai tempat praktik lapang”, jelas Ir. Kadarusman, M.Sc.

Galeri Foto klik di sini

[hap]

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*