Gunung Walat, Sukabumi – Diklat Pengelolaan Hutan Diklat oleh Pusdiklat Kehutanan Bogor telah berlangsung tanggal 8 Mei 2013 di Hutan Pendidikan Gunung Walat.

Diklat ini diikuti 20 orang peserta dari Balai Diklat Kehutanan (BDK) seluruh Indonesia (diantaranya BDK Pematang Siantar, Pekanbaru, Bogor, Kadipaten, Samarinda, dan Kupang), 3 orang pembimbing & 3 orang panitia dari Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Kehutanan Bogor.

Diklat pengelolaan hutan diklat ini akan mempelajari tentang bagaimanaa mengelola hutan diklat yg baik, yg mandiri dan yg mendukung kegiatan diklat di lembaga Balai Diklat Kehutanan masing-masing daerah.

Kegiatan di Hutan Pendidikan Gunung Walat (HPGW) ini diawali dengan presentasi dan diskusi oleh Direktur Eksekutif HPGW Ir. Budi Prihanto, MS tentang pengelolaan HPGW sebagai contoh pengelolaan hutan skala kecil yang mandiri dan berhasil. Dalam diskusi ini terlihat peserta sangat antusias karena peserta berusaha menggali ilmu secara mendetail dalam rangka mengatasi permasalahan-permasalahan yg ada di Hutan Diklat masing-masing daerah.

Setelah acara diskusi dilakukan kunjungan lapang melihat fasilitas-fasilitas di basecamp, meninjau lokasi gudang getah pinus &agathis, praktik penyadapan getah, dan tracking ke dalam hutan disertai diskusi lapang kembali dengan Direktur Eksekutif HPGW.

“Hutan Pendidikan Gunung Walat menurut kami sebagai hutan diklat yg sudah dikelola dengan cukup baik sehingga sudah bisa mandiri, kegiatan produksi hasil hutan non kayu berjalan baik dan HPGW bisa mendukung kegiatan pendidikan dan latihan. Kami harap teman-teman mendapat inspirasi ini untuk dilaksanakan di wilayah masing-masing”, jelas Ir Samsudi, M.Sc selaku ketua panitia diklat ini.

Galeri Foto klik di sini

[hap]

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*